Model komunikasi

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Dalam komunikasi terdapat beberpa jenis Model Komunikasi.

Dan Menurut Sereno dan Mortensen,
Suatu model komunikasi merupakan deskripsi ideal mengenai apa yang dibutuhkan untuk terjadinya komunikasi. Suatu model merepresentasikan secara abstrak ciri-ciri penting dan menghilangkan rincian komunikasi yang tidak perlu dalam “dunia nyata”.
Aubrey Fisher mengatakan,
Model adalah analogi yang mengabstraksikan dan memilih bagian dari fenomena yang dijadikan model.

Werner J. Severin dan James W. Tankard, Jr. mengatakan bahwa
Model membantu merumuskan suatu teori dan menyarankan hubungan. Oleh karena hubungan antara model dengan teori begitu erat, model sering dicampuradukkan dengan teori
Dalam artikel ini penulis ingin membandingkan antara 2 model komunikasi yang berbeda dan digunakan dalam sehari-hari berikut ini model komunikasi Shannon and Weaver & model komunikasi DeFleur :

Pada model komunikasi Shannon and Weaver, model ini membahas tentang masalah dalam mengirim pesan berdasarkan tingkat kecermatannya. Model ini mengandaikan sebuah sumber daya informasi (source information) yang menciptakan sebuah pesan (message) dan mengirimnya dengan suatu saluran (channel) kepada penerima (receiver) yang kemudian membuat ulang (recreate) pesan tersebut. Dengan kata lain, model inim mengasumsikan bahwa sumberdaya informasi menciptakan pesan dari seperangkat pesan yang tersedia. Pemancar (transmitter) mengubah pesan menjadi sinyal yang sesuai dengan saluran yang dipakai.
Saluran adalah media yang mengirim tanda dari pemancar kepada penerima. Di dalam percakapan, sumber informasi adalah otak, pemancar adalah suara yang menciptakan tanda yang dipancarkan oleh udara. Penerima adalah mekanisme pendengaran yang kemudian merekonstruksi pesan dari tanda itu. Tujuannya adalah otak si penerima. Dan konsep penting dalam model ini adalah gangguan. Model ini menganggap bahwa komunikasi adalah fenomena statis dan satu arah. Dan juga, model ini terkesan terlalu rumit


Dalam model Shannon dan weaver alat komunikasi yang tepat yaitu, televisi, karena televisi merupakan salah satu alat komunikasi yang bersifat linear hanya 1 arah, di mana seorang komunikator (pengirim) memberikan pesan kepada seorang komunikan (penerima) tanpa adanya respon atau umpan balik dari pada komunikan.

Sedangkan model komunikasi DeFleur menjelaskan bahwa, model ini merupakan model komunikasi massa. Dengan menyisipkan perangkat medium massa dan perangkat umpan balik. Model ini menggambarkan sumber, pemancar, penerima, dan tujuan sebagai fase yang terpisah dalam proses komunikasi massa. Fungsi dari penerima dalam model Defleur adalah menerima informasi dan menyandikannya.

Menurut Defleur, komunikasi bukanlah sebuah pemindahan makna. Komunikasi terjadi dengan seperangkat komponen operasi di dalam sistem teoritis, dengan konsekuensinya adalah isomorpis diantara internal penerima kepada seperangkat simbol kepada sumber dan penerima.


Pada model Defleur alat komunikasi yang paling tepat yaitu, telfon, social media sperti facebook. Beberapa alat komunikasi tersebut merupakan contoh dari model komunikasi DeFleur di mana alat di atas di gunakan seluruh masyarakat sebagai kebutuhan sehari-hari dalam berinteraksi dan bertukar pendapat dan tidak menutup kemungkinan radio dan televisi juga termasuk dalam model ini jika acara dikemas dalam bentuk interaktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 HANYA SEBATAS NAMATemplate by : Ilham Powered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.